Sistem Layanan Elektronik atau E-layanan
(Electronic Services disingkat E-Services) merupakan satu aplikasi terkemuka
memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di daerah yang berbeda.
Namun, definisi yang tepat dari layanan elektronik sulit didapat sebagian
peneliti telah menggunakan definisi yang berbeda untuk menggambarkan layanan
elektronik. Meskipun definisi ini berbeda, dapat dikatakan bahwa mereka semua
sepakat tentang peran teknologi dalam memfasilitasi pelayanan yang membuat
mereka lebih dari layanan elektronik.
Menurut Rowley (2006) layanan elektronik di definisikan sebagai: "...
perbuatan, usaha atau pertunjukan yang pengiriman di mediasi oleh teknologi
informasi. Layanan elektronik tersebut meliputi unsur layanan e-tailing,
dukungan pelanggan, dan pelayanan ". Definisi ini mencerminkan tiga
komponen utama- penyedia layanan, penerima layanan dan saluran pelayanan (yaitu,
teknologi). Misalnya, sebagai yang bersangkutan untuk layanan elektronik
publik, badan publik adalah penyedia layanan dan warga negara serta bisnis
penerima layanan. Saluran pelayanan adalah persyaratan ketiga dari layanan
elektronik. Internet adalah saluran utama dari layanan elektronik pengiriman
sementara saluran klasik lainnya juga dipertimbangkan.(misalnya telepon, call
center, kios publik, telepon genggam, televisi)
Definisi dan sejarah layanan elektronik
Sejak awal pada akhir 1980-an di Eropa dan dikenal secara formal pada tahun
1993 oleh Pemerintah AS, istilah 'E-Government' kini telah menjadi salah satu
riset domain yang diakui terutama dalam konteks kebijakan publik dan sekarang
telah memperoleh kepentingan strategis dalam modernisasi sektor publik. Layanan
eletronik merupakan salah satu cabang dari domain dan perhatiannya juga telah
merayap di antara para praktisi dan peneliti.
Layanan elektronik (atau e-Service) adalah istilah yang sangat generik,
biasanya mengacu pada "Penyediaan layanan melalui Internet (awalan berdiri
'e elektronik', seperti dalam penggunaan lain), sehingga layanan elektronik
bisa juga termasuk perdagangan internet, mungkin juga termasuk layanan
non-komersial (online), yang biasanya disediakan oleh pemerintah. (Alexei
Pavlichev & G. David Garson, 2004: 169-170; Muhammad Rais & Nazariah,
2003: 59, 70-71).
'Layanan elektronik merupakan layanan online yang tersedia di Internet, dimana
transaksi yang valid untuk membeli dan menjual (pengadaan) adalah mungkin,
sebagai lawan dari website tradisional, dimana hanya informasi deskriptif yang
tersedia, dan tidak ada transaksi online adalah dimungkinkan.' (Jeong, 2007).
Manfaat layanan elektronik
ada sejumlah manfaat untuk layanan elektronik, beberapa di antaranya:
* Mengakses basis pelanggan yang lebih besar
* Memperluas jangkauan pasar
* Menurunkan penghalang masuk ke pasar baru dan biaya mendapatkan pelanggan
baru
* Alternatif saluran komunikasi ke pelanggan
* Meningkatkan pelayanan kepada pelanggan
* Meningkatkan citra perusahaan
* Mendapatkan keunggulan kompetitif
* Potensi peningkatan pengetahuan pelanggan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar